Pages

Kamis, 07 Februari 2013

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI


Perkembangan teknologi merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam era modernisasi ini. Seringnya kebanyakan orang, terutama dari generasi yang lebih tua, berpikir hidup tidak semudah ini di masa lampau, di mana berkomunikasi seringnya bergantung pada telefon. Perkembangan teknologi yang terjadi sekarang membuat komunikasi melalui telefon kabel di rumah terasa kuno dan tidak efisien. Semakin hari nampaknya manusia memang berlomba-lomba untuk mempermudah akses bukan hanya komunikas, tapi juga hiburan, yang kemudian biasanya dikemas menjadi sebuah barang elektronik multifungsi. Dalam berbagai dekade, perkembangan teknologi menunjukkan semakin kreatifnya manusia.

Perkembangan Teknologi Tahun 1990-an

Pada dekade inilah perkembangan teknologi nya memperkenalkan kita dengan pager dan telefon genggam. Tak hanya itu, untuk masalah hiburan, di masa-masa inilah perkembangan teknologi tidak hanya membuat kita puas dengan televisi dan radio, karena CD, VCD, DVD dan mp3 player mulai muncul dan terbukti lebih menghibur. Perkembangan teknologi internet pun berkembang pesat, ditandai dengan populer nya e-mail dan instant messaging. Ini merupakan langkah awal menuju kecanduan, yang terbukti akan banyak terjadi pada generasi muda di dekade mendatang.

Perkembangan Teknologi Tahun 2000-an – sekarang

Pada tahap ini, perkembangan teknologi sudah sampai pada munculnya media sosial, mulai dari blog dan berbagai situs jejaring sosial. Situs jejaring sosial yang menjadi tren saat ini adalah friendster, dimana anak-anak remaja kebanyakan terjangkiti demam friendster. Lalu jejaring sosial makin meluas dengan banyaknya situs blogging, dan beragamnya jejaring sosial yang muncul, seperti MySpace, Facebook dan Twitter. Belum lagi perkembangan teknologi komunikasi yang makin canggih, seperti produk-produk Smartphone yang biasanya menjadi ukuran gengsi masyarakat saat ini. Pemutar musik pun tidak lagi menggunakan kaset atau walkman. Beragam pemutar musik berformat mp3 dan mp4 berlomba-lomba mengeluarkan produk tercanggih dalam berbagai bentuk dan model. Belum lagi permainan virtual dan 3D seperti Nintendo DS dan Wii, PSP, X-box dan banyak lagi yang jelas menjadi candu bagi penggemar permainan. Era ini memaksa masyarakat untuk paham perkembangan teknologi. Munculnya berbagai produk canggih seperti tablet PC, laptop, iPad dan sebagain memunculkan obsesi yang lebih besar. Berkembangnya suatu zaman dan masyarakat memang selalu ditandai dengan semakin majunya perkembangan teknologi.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih, Alhamdulillah jazaa kumullahu khoiro, atas komentarnya :)